Minggu, 30 September 2012

Membasmi Virus sexy.exe

Pernah menemukan Virus sexy.exe di drive kamu? Virus ini memang cukup menjengkelkan, virus ini akan memproteksi setiap data  kita yang berada pada drive yang terinfeksi virus tersebut. Cara kerja virus ini biasanya menduplikasi atau mengkopi file dalam flashdisk dengan berekstensi *.exe. Misalnya dalam flashdisk terdapat folder dengan nama “dokumenku” maka virus ini akan menduplikasi folder tersebut menjadi “dokumenku.exe” dan otomatis terjadi juga pada file lainnya, bayangkan saja berapa folder dalam flashdisk anda maka semuanya akan diduplikasi atau digandakan degan ekstensinya >.exe tersebut.

Namun kadangkala juga virus ini tidak menggandakan folder yang ada melainkan merubahnya menjadi ekstensi *.exe. kalau dirubah otomatis folder anda tidak bisa dibuka dan kalau diklik maka file virus ini akan bertambah banyak dan menyebabkan memori flashdisk penuh. Dan hal yang paling menjengkelkan lagi jika ada data dalam flasdisk yang tidak ditempatkan dalam sebuah folder maka data tersebut akan terhapus. Misalnya data ms. Office, gambar, video, music, dll  yang tidak ditempatkan dalam folder.

Sebenarnya untuk virus ini pada anti virus smadav (terbaru 2012). Dapat mendeteksi dan menyelesaikannya. Namun hanya menghapus dan memperbaiki folder yang terjangkit dengan ekstensi *.exe saja, sedangkan virus masternya tidak terhapus yaitu sexy.exe, secret.exe, dan password.exe. dan kalau menggunakan Antivirus luar dapat menghapus virus ini, hanya saja terkadang Antivirus tersebut tidak pernah diupdate lagi. ini. Oleh karena itu antivirus luar harus sering diupdate.

Satu lagi permasalahan apabila virus ini tidak dibasmi maka dia akan menjangkit Komputer lain, dan akan tinggal lama didalamnya. Apabila induk virus ini sudah tinggal didalam komputer, maka setiap drive yang dimasukkan akan terdeteksi dalam drive bahwa terdapat virus ini padahal sebenarnya bukan flashdisk yang terjangkit virus melainkan komputer tersebut.Sebenarnya masih banyak yang ingin saya sampaikan mengenai virus ini namun mengingat bahwa yang akan kita bahas dalam artikel ini sebenarnya adalah cara membasmi virus sexy.exe (virus yang berekstensi *.exe) maka kita langsung saja melakukan kerja dan menghapus virus ini.

Setelah memasukkan drive dan terdeteksi terkena virus, sebelumnya lakukanlah scanning drive tersebut  dengan smadav versi terbaru 2012. Dan sebelumnya pastikan bahwa komputer kawan telah terinstal winrar, karena virus ini tidak kasat mata atau hidden dan bagusnya menggunakan winrar untuk dapat melihatnya.
Baik langsung ke Proses saja.
1. Klik Start ->All Programs ->Folder Winrar->Winrar
2. Klik Pada System atau Drive (C:)
3. Klik Users->Nama Komputer misalnya “Acer”. atau yang menggunakan nama anda. Dan kalau biasanya menggunakan nama merek laptop atau pun users (kalau tidak salah).
4. Cari file yang berekstensi *exe. Yaitu ujung file tersebut terdapat kata *.exe
Hapus file tersebut.
5. Hapus File berekstensi *.exe juga pada Flashdisk secara Manual kemudian lakukan Scanning dengan Anti Virus. (Apa Saja)

Kadangkala terdapat beberapa file berekstensi *.exe yang sulit dihapus. Untuk yang sulit di hapus maka anda harus menghapusnya dengan masuk terlebih dahulu pada safe mode. Untuk memasuki safe mode yaitu restart computer anda terlebih dahulu dan sebelum muncul windows,  tekan F8 terus menerus sampai muncul menu untuk masuk safe mode. Pilih safe mode dan enter. Dan lakukanlah cara seperti diatas dan hapus file berekstensi *.exe tersebut dan semoga berhasil, dan kalau tidak mau repot-repot masuk safe mode maka ganti saja nama dengan merename file tersebut yang ekstensi *.exe menjadi *.txt. contoh “period.exe” jadi “period.txt” dengan begitu maka virus tersebut tidak bekerja lagi alias mati. Tetapi saran saya lebih baik masuk melalui safe mode dan hapus virus tersebut.

Demikian posting saya tentang membasi virus tersebut, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar